Lingkungan Kerja

LINKGKUNGAN KERJA

 

Disini saya akan membahas tentang lingkungan kerja, lingkungan kerja merupakan psikologi,kehidupan sosial,dan fisik di perusahaan. Dimana perusahaan mengrekrut keadaan dan kegiatan perusahaan yang didalam nya adapengorganisasian yang dijalankan. Perusahaan dapat dilihat keaktifannya melalui lingkungan kerjanya, seperti cara mereka saling berinteraksi satu dengan yang lain, nyamannya tempat bekerja, bagaimana perusahaan dalam berorganisasi, dan masih banyak lagi.

 

  • Pengertian Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja adalah tempat dimana suatu perusahaan berada yang didalamnya terdapat orang – orang yang memiliki organisasi untuk membangun atau menyelesaikan tujuan yang mereka ingin capai didalam perusahaan tersebut. Dalam lingkungan kerja kita juga dapat mellihat peraturan yang harus dilakukan dan yang tidak, dan dalam lingkungan kerja kita harust memahami sifat atau karakter sesama, karena itu harus agar kita dapat merasa nyaman dalam lingkungan pekerjaan kita. Rasa nyaman dalam bekerja itu harus karena itu yang bisa membantu stamina kita dalam bekerja agar apa yang kita kerjakan tidak mengecewakan dan bisa bekerja dengan semangat.

 

  • Definisi Peringatan Dalam Lingkungan Kerja

Dalam lingkungan kerja pasti selalu ada peringatan agar apa yang kita kerjakan dapat maksimal dan agar proses bekeja kita tertib. Disini saya akan menjelaska apa itu peringatan salam suatu lingkunga, “Perhatian adalah proses ,emtal ketika stimuli atau rangkaian stimuli menjadi menonjol dalam kesadaran pada saat stimuli lainnya melemah”, demikian definisi yang diberikan oleh Kenneth E. Andersen (1972:46),dalam buku yang ditulisnya sebagai pengantar pada teori komunikasi. Perhatian terjadi bila kita mengkonsentrasikan diri pada salah satu alat indera kita, dan mengsampingkan masukan – masukan melalui alat indera yang lain.

 

  • Disiplin Dalam Lingkungan Kerja

Dalam lingkungan kerja juga anda perlu tau tentang disiplin, disiplin adalah perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya. Kita harus mengenal disiplin dalam lingkungan kerja karna kita tau dalam linkungan kerja pasti ada peraturan. Pendisiplinan adalah usaha usaha untuk menanamkan nilai ataupun pemaksaan agar subjek memiliki kemampuan untuk menaati sebuah peraturan. Pendisiplinan bisa jadi menjadi istilah pengganti untuk hukuman ataupun instrumen hukuman dimana hal ini bisa dilakukan pada diri sendiri ataupun pada orang lain.adapun teori tentang disipling yaitu dengan tujuan-tujuan ini teori psikometri memberikan masukan penting dalam penelitian dalam ilmu behavional dan sosial, terutama sejauh pengembangan dan pemilihan instrumen dan prosedur kuantifikasi pengamatan pada variabel yang diteliti yang bersangkutan. Teori psikometri memiliki beberapa aplikasi utama dalam proses ‘pra-tes dan improvment dari pengukuran instuments sehingga meminimalkan kemungkinan kesalahan dan memastikan validitas tertinggi terkait dengan variabel yang terlibat dalam hipotesis penelitian diperiksa dan quation

 

  • Sifat Karyawan Dalam Lingkungan Kerja

Ada pun sifat – sifat karyawan yang bekerja pada oerusahaan yang seperti bagaimana karakter mereka, dalam karakter masing – masing karyawan juga bisa menimbulkan kenyamanan atau ketidaknyamanan dalam bekerja,sseperti sifat positiv atau negativ. Disini saya mengambil penjelasan tentang sifat yang kadang dimiliki oleh karyawan dalam lingkungan kerja yaitu yang bertulis orang yang merasa emosi campuran dan robek tentang obyek sikap merasa ambivalen tentang hal itu (Jamiesen, 1993), pengalaman setelah negatif tersebut adalah partai ditentukan oleh ambivalensi sikap, evalutions positif dan negatif ofan objek sikap. jika seseorang memiliki baik sangat positif dan evalution sangat negatif hukuman mati, maka ia adalah attitudinally ambivalen dan bisa mengalami emosi campur aduk tentang masalah ini. jika orang yang sama hanya memiliki evalution yang sangat negatif dari hukuman mati. maka ia tidak bersikap ambivalentand mungkin tidak akan merasa robek tentang masalah (Priester & Petty, 1996, Thompson, Zanna, & Griffin, 1995). Ada pula pengertian dari sifat negatif yang bisa masuk dalam lingkungn kerja seperti keluar pengurangan kelompok diilustrasikan dalam artikel oleh Fein Spaecer (1997), yang dicetak ulang sebagai membaca 16. penelitian mereka menunjukkan dinamika yang kompleks dimana sikap merugikan terkait dengan kekhawatiran harga diri. terutama ketika terancam oleh umpan balik negatif, individu cenderung menyimpang anggota kelompok dan, dengan perbandingan, melihat diri mereka lebih positif. Dengan demikian, ancaman terhadap harga diri dapat mempromosikan pengurangan, dan sikap merugikan yang dihasilkan dapat berperan dalam pemeliharaan diri.

 

  • Organisasi Dalam Lingkungan Kerja

Bagaimana organisasi dalam lingkungan kerja  Apa organisasi ini memiliki kesamaan? Masing-masing memiliki memberikan pemikiran untuk sikap yang penting untuk lingkungan kerja yang sehat dan telah mengambil langkah-langkah untuk membentuk atitudes ini. Banyak organisasi berusaha untuk meningkatkan nattitudes dan produktivitas karyawan dengan meningkatkan kualitas karyawan mereka bekerja hidup. Hal ini mungkin melibatkan mengembangkan program pelatihan yang ingin karyawan, review bersama bulanan laporan laba rugi, manfaat program ditingkatkan pinggiran, dan upaya kolaboratif untuk meningkatkan keselamatan. Hal ini juga mungkin termasuk membangun pusat-pusat penitipan, mensponsori program pengobatan obat untuk karyawan, atau membayar untuk keanggotaan karyawan di klub-klub kesehatan setempat.Kerja, prestasi kerja dan produktivitas menderita. Ketika mereka memiliki sikap positif, prestasi kerja dan produktivitas cenderung imporove. Untuk generasi, karyawan dan serikat pekerja difokuskan pada gaji dan tunjangan sebagai imbalan yang akan membuat karyawan yang memproduksi pada efisiensi atas. Tapi secara bertahap, baik tenaga kerja dan manajemen menemukan bahwa uang tidak selalu bahan utama dari pekerjaan yang memuaskan. Orang-orang yang diminta apa yang paling mereka inginkan dari pekerjaan mereka biasanya mengutip saling menghormati antara cowokers, pekerjaan yang menarik, pengakuan untuk welldone kerja, kesempatan untuk mengembangkan keterampilan, dan sebagainya. Jika pengusaha ingin mempertahankan atau meningkatkan sikap positif dari pekerja mereka, dan dengan demikian mempertahankan atau penting. Tentu saja, pekerja berharap membayar untuk menjadi kompetitif, tetapi mereka ingin jadi membuat hidup tidak cukup. Pekerjaan juga harus membuat hidup. “Organisasi menemukan cara-cara kreatif untuk mempengaruhi sikap pekerja.

 

  • Contoh Kasus Stress Kerja Dalam Lingkungsn Kerja

stres Kerja, Menyebabkan Kematian Terlihat seorang wakil pembicara dan karyawan yang berkumpul di luar pabrik Foxconn di Shenzhen, Provinsi Guangdong Cina selatan pada sebuah dokumen foto yang diambil tanggal 24 Februari 2010. “Perusahaan hanya mementingkan kepentingan bisnisnya dengan memeras tenaga karyawan, sementara upah pekerjanya sendiri masih sangat rendah, ironisnya karyawan tidak berdaya akan kebijakan ini”. Pemogokan di Perusahaan Honda Motor dan serentetan bunuh diri karyawan di Foxconn Technology (produsen raksasa elektronik untuk industri seperti Apple, Dell dan Hewlett-Packard) membuat Pemerintah Cina harus melakukan pertemuan dengan perwakilan Management Perusahaan. Seorang Insinyur berumur 28 tahun yang bekerja untuk Foxconn (pembuatiPhone, iPads dan gadget elektronik lainnya termasuk Apple Inc) meninggal dunia “kematiannya mendadak” di rumahnya di dekat pabrik Foxconn Shenzhen di provinsi Guangdong China selatan. Penyebab kematian sedang diselidiki dan “kita sedang mengumpulkan informasi-informasi pendukung penyebab kematian insinyur ini termasuk keterkaitannya dengan pekerjaan,” kata salah satu perwakilanmanagement perusahaan. Surat kabar Ming Pao di Hong Kong, melaporkan bahwa salah satu kerabat dekat Insinyur mengklaim kematian rekan kerjanya itu dikarenakan “stres kerja”, setelah bekerja 34 jam tanpa istirahat. Dampak dari laporan surat kabar yang terbit langsung direspon positif oleh Perusahaan dengan mengumumkan pemberian 30 % bonus pada karyawannya untuk meningkatkan dan membantu terciptanya lingkungan kerja yang lebih baik selain itu kerja lembur karyawan akan dikurangi sehingga bisa lebih banyak waktu untuk beristirahat. Aktivis ketenagakerjaan menuduh perusahaan memiliki gaya manajemen yang kaku, dan karyawannya dipaksakan untuk bekerja terlalu keras, namun Foxconn menyangkal tuduhan ini. Dalam setahun ini diFoxconn Company “Sepuluh pekerjanya telah bunuh diri dan tiga lainnya melakukan percobaan bunuh diri, rata-rata mereka tewas karena terjun dari atas bangunan.

 

 

DAFTAR REFERENSI

DRS. JALALUDDIN RAKHMAT, M.Sc. (2009), PSIKOLOGI KOMUNIKASI

 

Kenko Raykov and George A. Marcoulides (2011), Introduction to Psychometric Theory

 

Russel H. Fazio & Richard E. Petty (2010), Attitude –Their Structure, Function and Consequence

 

Barry L. Reece & Rhonda Brandit (2008), Career Succsess Begins with Knowing Yourself

 

Sadarmayanti (2009), Psikologi Industri

 

//bigsidik.blogspot.co.id/2013/12/contoh-kasus-stres-kerja.html (2013)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s